Makalah Ekonomi Mikro “Permintaan dan Penawaran”

DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata pengantar i
Daftar isi ii

1. Permintaan
A. Pengertian, hukum dan macam-macam permintaan 1
B. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan 1
C. Daftar permintaan dan Kurva permintaan 3
D. Fungsi permintaan 4
2. Penawaran
A. Pengertian, hukum dan macam-macam penawaran 5
B. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran 6
C. Daftar penawaran dan kurva penawaran 7
D. Fungsi penawaran 8

PERMINTAAN DAN PENAWARAN

1. PERMINTAAN (DEMAND)
A. Pengertian, Hukum dan Macam-macam Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Hukum permintaan berbunyi, “Jumlah barang yang diminta akan selalu berbanding terbalik dengan harganya, artinya jika harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan berkurang, dan jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.
Sedangkan macam – macam permintaan adalah :
1. Permintaan efektif atau permintaan potensial adalah permintaan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
2. Permintaan absolute adalah permintaan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
B. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan
1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3. Pendapatan / penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
4. Perkiraan harga dimasa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.

C. Daftar Permintaan dan Kurva Permintaan
Daftar permintaan menyatakan hubungan antara berbagai kemungkinan harga-harga (P=price) dan jumlah (Q=quantity) barang atau jasa yang diminta pada harga tersebut.
Perhatikan table daftar permintaan
Harga ( P)
( RP ) Jumlah yang diminta ( Q )
( potongan ) Titik
Korespondensi
12.000 1.000 a
10.000 2.000 b
8.000 3.000 c
6.000 4.000 d
4.000 5.000 e
2.000 6.000 f

Misalnya harga baju Rp. 12.000 per potong, jumlah yang diminta hanya 1.000 potong per tahun. Semakin murah harganya, maka jumlah yang diminta meningkat ( sesuai dengan hukum permintaan ).
Dari daftar permintaan, kita gambar suatu grafik yang merupakan kurva permintaan. Kurva permintaan merupakan tempat kedudukan titik-titik yang menunjukkan hubungan antara berbagai tingkat harga dengan berbagai jumlah barang. Ahli ekonomi menempatkan harga pada sumbu vertical dan jumlah barang yang diminta pada sumbu horizontal.

Kurva permintaan
P D

a
12.000 b
10.000 c
8.000 d
6.000 e
4.000 f
2.000 D Q
1.000 2.000 3.000 4.000 5.000 6.000

Keterangan :
Garis miring DD’ adalah kurva permintaan
Sumbu P adalah tingkat harga
Sumbu Q adalah jumlah barang yang diminta

D. Fungsi Permintaan
Fungsi permintaan adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara variable harga (P) dengan variable barang (Q) yang diminta. Bentuk umum fungsi permintaan adalah :

Atau

Keterangan : Q = jumlah barang yang diminta
P = Harga barang perunit
a = angka konstanta ( wujudnya berupa angka )
b = gradient atau kemiringan ( yang ada hurufnya )

2. PENAWARAN ( SUPPLY )
A. Pengertian, Hukum Macam-macam Penawaran
Penawaran adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang dijual atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai macam tingkat harga.
Hukum penawaran mengatakan bahwa jumlah barang yang ditawarkan akan selalu terbanding lurus dengan harganya / artinya jika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan bertambah, sebaliknya jika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan berkurang.
Sedangkan macam-macam penawaran, yaitu :
1. Penawaran Sub Marginal : Penawaran sub marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual dibawah harga pasar.
2. Penawaran marginal: Penawaran marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual sama dengan harga pasar.
3. Penawaran Super Marginal: Penawaran super marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang menjual produknya diatas harga pasar
4. Penawaran Individu: Penawaran individu adalah penawaran yang dilakukan oleh satu individu
5. Penawaran Pasar: Penawaran pasar adalah penawaran yang dilakukan oleh banyak penjual dipasar.
B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

4. Ketersediaan dan harga barang pengganti / pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga dimasa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
D. Daftar Penawaran Dan Kurva Penawaran
Suatu daftar penawaran menggambarkan adanya hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang akan ditawarkan. Dengan kata lain, adanya hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan berbagai tingkat harga. Anggap saja, bila mempunyai daftar penawaran seperti dibawah ini. Dimana pun pedagang menawarkan sejumlah gula pada harga yang rendah dan sejumlah gula dengan harga lebih tinggi.
Harga dan jumlah gula yag diminta
Harga ( P)
( RP ) Jumlah yang diminta ( S )
( Kg ) Titik
Korespondensi
2.000 1 a
4.000 2 b
6.000 3 c
8.000 4 d
10.000 5 e
12.000 6 f

Dari daftar penawaran di atas, dapat dibuat kurva penawaran sebagai berikut :
P S

12.000 f
10.000 e
8.000 d
6.000 c
4.000 b
2.000 a
0 1 2 3 4 5 6 Q

Kurva Penawaran

E. Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran adalah fungsi yang mnunjukkan hubungan antara harga ( P ) dengan jumlah barang ( Q ) yang ditawarkan. Fungsi penawaran harus sesuai dengan hukum penawaran. Sehingga hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan adalha positif atau berbanding lurus.
Bentuk umum fungsi penawaran :

Atau
Keterangan : Q = jumlah barang yang ditawarkan
P = harga barang perunit
a = angka konstanta ( wujudnya angka )
b = gradient atau kemiringan ( yang ada hurufnya )
sedangkan syarat fungsi penawaran adalah :
a. nilai a boleh positif atau negative ( +/- )
b. nilai b harus positif ( + )

About these ads

Tentang novicalm

Lebih menyukai kemandirian,,
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s